Manajemen Mutu_Quality Management

Management Forum: "Apa itu QMS ISO 9001:2008?"

Pembaca "Management Forum" yg budiman, setiap Organisasi didirikan / dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan untuk mencapai tujuan tsb diperlukan berbagai sumberdaya. Sumber daya yg tersedia ini perlu dikelola secara efektif dan efisien agar tujuan tsb bisa tercapai.

Bagaimana cara atau model yg hendak diterapkan organisasi dalam mengelola sumber-daya tsb, hal itu bergantung kepada keinginan / preferensi pengelola organisasi tsb. Pada umumnya, seni mengelola organisasi dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi ini disebut sebagai MANAJEMEN.

Ada banyak model manajemen yang kita kenal sesuai dengan tujuan masing-masing, seperti misalnya Management by Objective (MBO), Total Quality Management (TQM), Balance Scorecard (BSC), Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA), Six Sigma, Toyota Production System / Lean Manufacturing / Just in Time (JIT), Blue Ocean Strategy, Total Productive Maintenance (TPM), 5S, (Supply Chain ManagementSCM), Quality Management System (QMS) ISO 9001, dsb. Dalam artikel ini kita akan bahas model manajemen yg terakhir disebutkan di atas, yakni System Manajemen Mutu (QMS) ISO 9001:2008.

Apa itu QMS ISO 9001:2008?

Pembaca "Management Forum" yg budiman, QMS ISO 9001:2008 adalah model manajemen mutu yg dikeluarkan oleh sebuah badan internasional yg disebut dengan International Organization for Standardization. Berikut ini adalah pengertian QMS menurut International Organization for Standardization yg dituangkan dalam ISO 9001:2005:

Quality management system (QMS): A quality management system is a set of interrelated or interacting elements that organizations use to direct and control how quality policies are implemented and quality objectives are achieved.

Terjemahan bebasnya kurang lebih seperti ini:

System manajemen mutu adalah seperangkat elemen yg saling terkait atau saling berinteraksi yg digunakan oleh organisasi untuk memberikan arah mengenai bagaimana kebijakan mutu organisasi implementasikan dan dikendalikan, serta bagaimana tujuan / sasaran mutu organisasi dicapai.

Untuk mempermudah memahaminya di sini perlu dilihat satu persatu kata yg membentuknya, yakni System, Manajemen, Mutu, ISO, 9001, dan 2008.

System

System, dari bahasa Latin ‘systema’, seringkali diartikan sebagai seperangkat entitas atau prosedur yang saling berinteraksi membentuk satu kesatuan yg terintegrasi.

Manajemen

Seperti sudah disebutkan di atas, manajemen biasanya diartikan sebagai seni mengelola organisasi dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.

Mutu

Mutu dalam hal ini adalah mutu produk, baik barang maupun jasa. Mutu dalam ISO 9001 diartikan sebagai kesesuaian antara produk atau jasa yg dihasilkan oleh organisasi dengan persyaratan / kriteria yg ditetapkan oleh pelanggan atau oleh organisasi. Kriteria atau persyaratan tsb, dalam berbagai referensi, biasanya mencakup QCDSM (Quality produk atau jasa itu sendiri, Cost = biaya, Delivery = pengiriman, Safety = keamanan, Morale = moral / etika umum, masyarakat, dsb).

ISO

Kata ‘ISO’ dalam system manajemen mutu ISO 9001 berasal dari bahasa Yunani ‘Isos’ yg berarti sama atau seragam. Jadi dalam hal ini "ISO" merupakan sebutan atau nama, seperti seseorang yg diberi nama “Tarzan” misalnya.

9001

Angka 9001 merupakan semacam nomor seri yang diciptakan oleh badan yg menciptakan system manajemen mutu ISO itu sendiri. Angka atau nomor seri lainnya berarti menunjukkan arti yg berbeda. Seperti ISO 14001 misalnya, adalah nomor seri untuk System Manajemen Lingkungan yg diciptakan oleh badan standarisasi internasional yg sama.

2008

Angka 2008 merupakan tahun dikeluarkannya atau di-release-nya system manajemen mutu tsb yang merupakan ”penyempurnaan” dari system manajemen mutu yg di-release th sebelumnya yakni ISO 9001:2000.

Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa System Manajemen Mutu ISO 9001:2008 adalah system manajemen mutu yg direlease oleh International Organization for Standardisation pada th 2008, yg diciptakan untuk memberi arah atau petunjuk bagaimana mengelola dengan baik sumber daya yg tersedia agar produk yg sihasilkan bisa memenuhi persyaratan pelanggan atau kriteria yg telah ditetapkan oleh organisasi.

Sebagai sebuah standard, QMS ISO 9001:2008 berisi klausul-klausul yg harus diikuti atau dipatuhi oleh organisasi yg hendak mendeklarasikan organisasinya menerapkan QMS ISO 9001. Organisasi bisa memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 jika organisasi tsb sudah memenuhi persayaratan-persyaratan standard internasional tsb dan sudah di-audit dan dinyatakan lulus audit assessment oleh badan sertifikasi yang berwenang untuk mengeluarkan sertifikat ISO 9001:2008.

Ingin tahu lebih banyak tentang QMS ISO 9001? Kami persilakan Anda, pembaca "Management Forum" yg budiman, untuk membacanya di ISO 9001 Forum. KLIK DI SINI atau di Link berikut:


Di sana Anda akan mendapat banyak pengetahuan tentang System Manajemen Mutu (Quality Management System) ISO 9001 termasuk contoh dan diskusi.

Di samping itu Anda juga bisa mengunjungi Blog saya yg lainnya lagi, yg terkait dengan Manajemen Mutu (Quality Management), yg tidak hanya membahas System Manajemen Mutu (Quality Management System) ISO 9001 saja tetapi juga Total Quality Management (TQM), Balance Scorecard, dll.

Silakan baca Quality Forum. KLIK DI SINI atau di Link berikut:


Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment

Management Forum. DAFTAR ISI:

Baca artikel Management Forum lainnya.

Klik Links di bawah ini: